Berapa Banyak ……?

Berapa Banyak Uang yang Sebenarnya Anda Butuhkan? Dalam berbagai pertemuan dengan banyak orang, sering saya mendapati orang yang ingin menjadi pengusaha atau pebisnis online. Saat saya tanya apa alasan mereka menjadi pengusaha atau pebisnis? Rata-rata jawaban yang saya dapat adalah karena ingin kaya. Jawaban ini sebenarnya sangat manusiawi. Siapa yang tak ingin jadi orang kaya atau punya banyak uang? Sebagian besar orang pasti ingin jadi kaya.

Saat dikejar kenapa mereka ingin kaya-banyak uang,  rata-rata menjawab karena ingin hidup aman, tentram, kebebasan finansial, tanpa perlu takut kekurangan uang. Padahal, sebenarnya berapakah uang yang dibutuhkan untuk memenuhi keinginan itu? Oke, mari berhitung berapa sebenarnya uang yang kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan setiap hari. Kebutuhan kita tiap bulan meliputi :

  1. Makan minum,
  2. Pakaian,
  3. Biaya kesehatan,
  4. Biaya pendidikan, Biaya hiburan,
  5. Tabungan,
  6. Asuransi,
  7. Cicilan properti,
  8. Cicilan kendaraan,
  9. Pengeluaran lain-lain.

Benar seperti ini kebutuhan kita tiap bulannya atau masih ada pos pengeluaran yang belum dimasukkan? Ini saya sering sebut dengan FINANCIAL RONTGEN

Anda bisa sesuaikan sendiri dengan pengeluaran bulanan anda. Dan betul besarnya pengeluaran tiap orang bisa beda. Namun biasanya, pengeluaran selalu berbanding lurus dengan penghasilan. Semakin besar penghasilan, pengeluaran pun ikut membesar. Rinci tiap pengeluaran bulanan keluarga anda, dan ketemu total rupiah yang dibutuhkan tiap bulan. Anggap saja misal kebutuhan bulanan Rp 30 juta. Berarti itulah jumlah uang yang sebenarnya anda butuhkan tiap bulannya untuk memenuhi keinginan hidup kebebasan finansial. Maka, sebenarnya uang yang kita butuhkan sebenarnya tidak begitu besar. Setuju?

Untuk kebutuhan setahun, berarti tinggal dikalikan 12 dan keluar angka Rp 360 juta untuk memenuhi kebutuhan hidup kebasana finansial itu. Kita tentu bisa berbeda pendapat bahwa uang Rp 360 juta itu banyak atau sedikit. Sebab, rekan-rekan saya ada yang pengeluaran bulannya jauh lebih besar dari itu dan sebaliknya ada juga yang lebih kecil dari angka Rp 30 juta per bulan. Namun pesan yang sebenarnya ingin saya sampaikan adalah jangan terlalu bernafsu sampai menggebu-gebu untuk menghasilkan banyak uang. Sebab uang yang anda butuhkan sebenarnya tak sebanyak seperti yang anda bayangkan. Jadi tak perlu sampai stres untuk menghasilkan uang yang lebih banyak.

Dan yang PALING¬† banyak adalah, terus bekerja, bekerja dan bekerja, tetapi SESUNGGUHNYA tidak tau berapasih UANG yang dibutuhkan. Ini sama dengan NAIK TAKSI tapi tidak tau tujuannya kemana. Saya teringat sekali dengan apa yang dituliskan Bong Chandra dalam bukunya “Hanya yang terukur yang bisa diperbaiki”. So, jika anda sudah tau pengeluaran 30jt sebulan berarti akan lebih mudah mencari uangnya dari pada tidak tau berapa sih uang yang dibutuhkan.
Maka sebelum LEBIH JAUH belajar BISNIS (Online atau Offline) tentukanlah TARGET atau TUJUAN anda, untuk mempermudah pencapaiannya.

Ready to take ACTION …..!!! gatot.vemmateamalpha.com

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s